Doktor Filsafat Islam

Filsafat adalah ilmu logika. Dasar dari ilmu filsafat adalah logika yang benar. Logika yang benar itu pasti urut dan mudah dipahami.

 

Secara logika…Ketika seseorang ingin belajar bahasa korea, kemana tempat belajar yang paling afdhol ?

Bisa belajar dari buku, video/film atau ikut kursus bahasa korea. Tapi kalau ingin yang bener, Jelas harus belajar langsung ke native speaker korea atau langsung belajar langsung dengan tinggal di Korea.

Secara logika…ketika ingin belajar filsafat korea, kemana tempat terbaik ?

Jelas harus tinggal & belajar di korea. Karena filsafat korea jelas lebih susah dipelajari dibanding mempelajari bahasa korea. Filsafat korea terdiri dari rangkaian bahasa korea yang memiliki komponen budaya, komponen simbolik dari huruf, komponen value dari orang korea, dan faktor faktor lainnya.

 

Secara logika…kalau orang bule ingin belajar filsafat jawa kuno, dimana dia harus belajar ? Jelas dia harus tinggal dan belajar langsung di jawa. Meskipun daerah yang bernama jawa kuno itu sudah tidak ada. Namun minimal daerah jawa kuno sudah bertransformasi menjadi provinsi Jawa Tengah, DIY atau Jawa Timur. Sangat tidak mungkin kalau belajarnya di Bandung apalagi di Makasar atau di Aceh.

Belajar filsafat Romawi ? Jelas harus ke bekas pusat peradaban Romawi.

Belajar filsafat Yunani ? Jelas harus ke bekas pusat peradaban Yunani

Anda pernah main pesan berantai ? Orang berbaris, orang pertama menyampaikan pesan ke orang kedua, kemudian terus menyampaikan ke orang berikutnya dan seterusnya. Semakin panjang rantai informasi semakin besar kemungkinan penyimpangan informasi antara orang pertama dan orang terakhir.

 

Ok tentang filsafat islam gimana ?

Secara logika dimana tempat belajar terbaik ?

Sudah pasti di pusat pusat peradaban islam dunia. Dimana ?

 

Jadi janggal aja kalau ada doktor filsafat islam justru mendapat gelar doktornya di Amerika atau di Eropa. Kecuali Amerika itu pernah jadi pusat peradaban Islam.

Filsafat ilmu logika, namun menjadi doktor filsafat islam di Amerika jelas tidak masuk logika. 😊

 

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *